Senin, 14 Maret 2016

(1) Gowes Mudik 2015 Semarang-Lahat : Persiapan



Pengantar
Sebelum kata banyak bercerita, yang pertama dan utama aku ingin mengucap alhamdulillah, segala puji syukur hanya milik Allah. Karena hanya atas pertolongan-Nyalah perjalanan Gowes Mudik ini akhirnya dapat berjalan lancar, selamat tak kurang suatu apa.

Kedua, catatan ini pada akhirnya dipublikasikan untuk menyemarakkan Jambore Nasional ke-3 MTBFI yang akan berlangsung di Kediri, tanggal 20-22 Mei 2016 mendatang. Catatan aslinya sudah selesai dibuat sejak Agustus 2015, namun baru dipublikasikan sekarang. Menunggu momen. Rencana awalnya dipublikasikan bulan Juni 2016 atau saat musim mudik 2016. Namun adanya Jamnas Federal di bulan Maret 2016 menjadi alasan untuk dinongolkan lebih awal.
Flyer Jamnas 3 Federal
Ketiga, dari rangkaian perjalanan ini, aku berkesimpulan, paling tidak ada 4 hal utama yang musti disiapkan oleh seorang goweser yang hendak melakukan  perjalanan jauh atau turing. Pertama, tekad yang kuat. Kedua, perencanaan yang baik. Ketiga, latihan yang cukup dan keempat, perlengkapan yang memadai.

Hal pertama, tekad yang kuat, alhamdulillah sudah dinyatakan, yaitu : Pulang!  Sungkem sama orang tua. Kedua, rencana yang baik, meliputi penentuan rute, jadwal, komunikasi dengan jaringan/komunitas, juga sudah tertata 3 bulan sebelumnya, melalui postingan catatan FB berjudul “Persiapan”. Ketiga, latihan turing berjarak 100 km berturut-turut sebanyak 3 kali dalam waktu yang dekat dan nite ride sebanyak 5 kali, ternyata sangat bermanfaat, sehingga badan tidak lagi kaget. Dalam prakteknya, tercatat paling tidak ada 6 kali ‘terpaksa’ gowes malam dengan durasi yangberbeda. Keempat, perlengkapan, inshaallah sudah cukup memadai, terlebih didukung pula oleh Krakatau-coffee n Adventure Gear.

Maka catatan ini, dibuat berdasarkan keterbatasan catatan dan ingatan, semoga dapat menjadi dokumentasi sekaligus evaluasi perjalanan jarak jauh sepeda yang lebih baik. Ia dimulai dari 3 hari sebelum pelaksanaan.
***

Persiapan
H-3
FedSemar (Federal Semarang) bagi ta’jil berbuka. Start toko Djoe Jl. Pandanaran, finish angkringan Mbah Kerto Tlogosari. Diakhiri dengan buka bersama. Om Wawan meminjami kunci pembuka sproket. Om Denny meminjami PB 8000 mAh. Om Hadi meminjami tang jepret.
Fedsemar jelang buka puasa bersama
 H-2
Pembekalan di Krakatau bersama Pak Agus , di Jl. Amposari, Kedungmundu. Pemberian alat-alat turing, cara pendirian tenda doom, foto dokumentasi sekaligus buka bersama. Peralatan dari Krakatau : Matras, Sleeping bag, Tenda doom ukuran 2 orang, stove, nesting, spoon, knife, bag rain cover, headlight, Tas pinggang, dan 3 buah t-shirt gowes mudik. (note : proses pembuatan t-shirt ini  lumayan berliku. Alhamdulillah pada akhirnya bisa dikenakan)

bersama pak Agus putra, owner Krakatau-coffee n Adventure Gear
Bike Tools
Adventure Gear
 
H-1
Mengkoordinasi Lomba Anak sholeh III Mushola Baitul Hikmah 1436 H : Cerdas Cermat dan Tahfidz Tingkat Kelurahan Meteseh. Dihadiri : Walikota, Camat,Lurah, dan Ketua Badko TPQ Kec. Tembalang. Dari pagi hingga pukul 14.30 WIB. Kemudian, teman-teman Sekolah Alam Ar-ridho diwakili bu Arif, BuWinky, Bu Wiwik, dan Bu Eni datang ke rumah memberikan dukungan doa dan material jelang keberangkatan. Bada’ ashar, jamaah Baitul hikmah secara khusus mendoakan saya. Setelah itu berangkat ke Demak, ke  rumah mertua, dibantu Pak Taat, tetangga depan.  Rencananya,  selama aku pergi, istri dan anak-anak akan berada di rumah simbahnya di Kadilangu dan Guntur, Demak.

Guru-guru Sekolah Alam Ar-Ridho turut mendoakan

***
(bersambung) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar