Sabtu, 30 April 2016

(13) Gowes Mudik 2015 : Di Kampung Halaman, Lahat City

Masih dalam kondisi berkeringat, aku minta Dedek mengambil gambarku bersama bapak di depan rumah, untuk mengabadikan detik dimana aku sampai di rumah, dengan selamat. I am home ....
bersama Bapak dan Alifa (Keponakan)
Tenda yang kubawa dari Semarang, tidak sempat kugunakan ^_^. Sebagai gantinya, tenda itu kudirikan di depan rumah. Keponakanku dengan riang bermain disana, bersama Bapak. Bapak yang sudah jadi eyang terlihat senang sekali bermain di depan tenda bersama cucunya.
gembiranya Eyang kakung bersama cucu
Tiba di rumah, aku tak langsung midang (main keliling kota). Ternyata ada banyak pekerjaan bapak dan mamak yang harus aku bantu. Semuanya meminta deadline yang sama, malam takbiran. Tapi suasana seperti inilah yang aku rindukan. Suasana kesibukan menjelang lebaran. Mamakku memang dikenal pandai memasak, sehingga lebaran ini ia mendapat order banyak jenis masakan. Dedek juga sedang menggarap proyeknya, souvenir pengantin. Semuanya sibuk.
souvenir buatan Dedek
Mamakku dan masakan yang dibuatnya
Saat malam takbiran, aku menyempatkan diri bersilahturahim ke rumah saudara-saudara bapak yang berada tidak jauh dari rumah. Dan setelah sholat Ied, inilah moment yang kutunggu-tunggu, yaitu saat aku bersimpuh di kaki bapak dan mamak, memohon ampunan atas setiap kesalahan yang telah kuperbuat. Tak terhitung dosa yang kuperbuat kepada kedua orangtuaku ini....
Sungkem pada Bapak dan Mamak
Setelah itu,kami pun makan bersama. Hidangannya tentu saja khas melayu, yaitu ketupat dengan satur rendang dan sambel ati atau opor. Aku sangat menikmati sessi ini. Terutama setelah sekian tahun aku tak makan bersama di pagi 1 Syawal.

sarapan hari raya

Setelah itu, barulah aku midang mengeksplorasi kota Lahat dengan menggunakan sepeda. Lahat ternyata tak berubah, tetap menjadi kota indah nan bersahaja. Bumi Seganti Setungguan ini akan selalu menjadi  kota kecil yang selalu dirindukan.
Lahat KM 0

Tugu pahlawan pertigaan Talang Jawa

Jembatan Gantung Lematang

bertemu Om Noorca, FedPalembang yang ternyata jeme Lahat ^_^ di Pasar Bawah

Reunian dengan kance lame...

Sungai Lematang dari tengah-tengah Jembatan Gantung

Poto kudai, bai...

Aye Lematang

Lematang River

Mampir ke sekolah kito dulu waktu kecik

Stasiun Lahat




Tidak ada komentar:

Posting Komentar